SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM PENGOLAHAN SELEKSI PERANGKAT DESA BARU (Studi Kasus: Kecamatan Mojo – Kabupaten Kediri)

  • Ricky Dwi Aringga Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Perangkat desa , Simple Additive Weighting, Seleksi

Abstract

Perangkat desa merupakan hal penting dalam desa, tanpa adanya perangkat desa pelayanan terhadap masyarakat akan terhabat. Setiap perangkat desa masing-masing memiliki peran yang penting. Pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik dengan adanya perangkat desa yang mampu bekerja sama dengan kepala desa untuk memajukan Sumber Daya Manusia yang baik. Maka itu pemilihan calon perangkat desa harus selektif dan objektif. Sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan diperaturan pemerintahan. Untuk menghindari kecurangan pada seleksi pemilihan calon perangkat desa penulis membuat aplikasi yang mampu mengolah nilai setiap peserta dengan baik tanpa adanya kecurangan. Dengan membuat aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, perankingan hasil tes lebih selektif dan objektif.
Sistem pendukung keputusan adalah alternative terbaik dalam menentukan pengambilan suatu keputusan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana sistem dapat memberikan hasil alternatif terbaik sebagai acuan dalam proses seleksi perangkat desa baru di desa seluruh Kecamatan Mojo. Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan salah satu langkah yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan seleksi perangkat desa. Metode ini mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Dimana alternative yang memiliki nilai tertinggi akan terpilih menjadi alternative terbaik.
Pada proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara fungsional. Pada tahap pengujian 3 browser Mozila Firfox 50.0.2, Google Chrome 11.0.9600.16384 dan Internet Explore 8.0.7600.16385 didapatkan hasil 100% berjalan dengan baik. Hasil pengujian terhadap perhitungan Simple Additive Weighting dalam pengolahan nilai seleksi calon pernagkat desa baru berjalan dengan baik dan akurat tidak ada selisih antara perhitungan manual dan perhitungan oleh system dengan hasil error 0%. Hasil pengujian terhadap pengguna dari 5 respon dan 6 pertanyaan 43.75% memilih Baik, 40% memilih Cukup dan 16,25% memilih Kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28