PENGEMBANGAN GAME BATTLE TANK – WHEN FIGHT IS THE LAST COICE MENGGUNAKAN METODE FSM (Finite State Machine)

  • Stefanus Daniel H P Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, FSM

Abstract

Seiring perkembangan waktu, musuh dalam dunia game juga semakin cerdas dan unik. Pembuatan game dengan kecerdasan yang semakin unik, hal ini dimaksud dengan tujuan membuat musuh menjadi lebih menarik dan menantang. Pada awalnya musuh dalam game bersifat pasif dan tentunya tantangannya juga semakin berkurang, oleh karena itu dengan adanya perkembangan teknologi sekarang dapat merubah hal tersebut dengan adanya kecerdasan buatan pada musuh.
Dalam pengembangannya, metode FSM yang diterapkan telah sesuai dengan apa yang telah dirancang. pada game ini FSM diterapkan pada musuh. state (keadaan) awal musuh adalah diam. kemudian ketika terjadi event (peristiwa) yaitu karakter datang mendekati musuh, maka musuh akan melakukan salah satu dari action (aksi) sesuai dengan yang terlah ditentukan yaitu, patrol, mengejar, dan menyerang..
Manfaat yang diperoleh dari pembuatan game ini yaitu dapat memberikan hiburan dan pendidikan pada game adventure. Pengujian metode dan control player mendapatkan hasil yang sesuai dan berjalan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28