RANCANG BANGUN PEMANTAUAN KUALITAS UDARA PADA TAMAN WILAYAH MELALUI WEBSITE BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

  • Hanna Febryna Simorangkir Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: pemantauan udara, taman wilayah, MQ-7, MQ-135

Abstract

Taman Wilayah merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada pada ruang lingkup tertentu serta memiliki batasan area. Seiring banyaknya wisatawan yang berdatangan tak jarang taman wilayah yang letaknya ditengah kota terus dikelilingi oleh asap-asap dari kendaraan bermotor maupun perindustrian yang mengandung gas-gas berbahaya seperti CO (Karbon Monoksida) dan NO2 (Nitrogen Dioksida) sehingga menyebabkan pencemaran udara yang mencemari taman wilayah dan berdampak pada kesehatan masyarakat
Fuzzy Logic adalah sebuah metodologi “berhitung” dengan variabel kata-kata (linguistic variable), sebagai pengganti berhitung dengan bilangan. Dengan fuzzy logic, sistem kepakaran manusia bisa diimplementasikan penentuan kualitas udara pada taman wilayah ke dalam bahasa mesin secara mudah dan efisien.
Pada penelitian ini, pemantauan udara dapat dipantau melalui website yang menggunakan automatic monitoring system dengan membangun rangkaian hardware yang terdiri dari Arduino Uno R3 sebagai unit pusat kontrol, sensor MQ-7 yang berfungsi untuk mengukur kadar gas CO (Karbon Monoksida), sensor MQ-135 untuk mengukur kadar gas NO2 (Nitrogen Dioksida) , serta sebuah website monitoring sebagai hasil keluaran untuk mengetahui kualitas udara pada taman wilayah tersebut. Hasil pengujian yang dilakukan dari kedua sensor tersebut yaitu prosentase error sensor MQ-7 sebesar 4.021% dan sensor MQ-135 sebesar 8.1% sehingga prosentase error data masukan pemantau kualitas udara sebesar 6.06% dapat dikatakan pemantauan kualitas udara ini cukup akurat karena simpangan error masih cukup rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28