GAME “HOW SMART YOUR PET?” MENGGUNAKAN AI FUZZY LOGIC

  • Rizal Nur Arifin Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Simulasi, Fuzzy Logic, AI Game, Unity3D, Cross-Platform

Abstract

Game adalah salah satu dari sekian banyak bidang IT yang banyak diminati pengguna. Game adalah suatu media hiburan dimana pengguna bisa melakukan berbagai kegiatan di dalamnya. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini game tidak hanya bisa dinikmati pada konsol/alat pemutar game saja, tetapi bisa juga melalui smartphone.
Unity3D adalah salah satu game engine yang banyak digunakan oleh para developer game, mulai dari pemula hingga yang telah mahir. Game yang dihasilkan Unity3D bersifat cross-platform yaitu dapat dimainkan di berbagai konsol game hingga smartphone. Game dengan genre simulasi cukup diminati para pengguna game. Beberapa brand yang terkenal adalah Harvest Moon, Euro Truck Simulator, The Sims, Pou, Talking Tom, dll. Mereka cukup menikmati game simulasi karena dibuat sedemikian rupa sehingga mirip pada kondisi aslinya di dunia nyata.
Fuzzy Logic adalah salah satu AI yang digunakan dalam pemrograman game. Fuzzy Logic digunakan ketika pada suatu game terdapat karakter yang memiliki banyak atribut. Sehingga, untuk penentuan keputusan digunakan AI Fuzzy Logic. Game How Smart Your Pet memiliki genre Simulasi dan menerapkan AI Fuzzy Logic. Diharapkan nantinya game ini bisa membantu pengguna dalam simulasi pemeliharaan hewan peliharaan, khusunya Ayam, Kucing, dan Panda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28