PENERAPAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN PADA APLIKASI PENGENALAN BAHASA ISYARAT ABJAD JARI

  • Ahmad Rozani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Computer Vision, Jaringan Syaraf tiruan, Bahasa Isyarat, backpropaagation, Abjad Jari

Abstract

Abjad jari merupakan salah satu bagian penting dalam Bahasa isyarat dalam Sistem Isyarat Bahasa Isyarat (SIBI). Abjad jari biasa dipakai kalangan tertentu yaitu pengguna disabilitas dan guru Bahasa isyarat. Salah satu langkah untuk mengenalkan abjad jari ke pada masyarakat luas adalah menggunakan aplikasi penerapan metode jaringan syaraf tiruan pada pengenalan Bahasa isyarat abjad jari.
Jaringan syaraf tiruan(JST) merupakan suatu metode matemaatis yang pada dasar konsepnya menirukan sistem jaringan syaraf biologis pada manusia. Salah satu bagian dari JST yang paling umum digunakan adalah Backpropagation. Tahap pelatihan backpropagation merupakan langkah bagaimana suatu jaringan syaraf tiruan itu berlatih, yaitu dengan cara perubahan penimbang (sambungan antar lapisan yang membentuk jaringan melalui masing-masing unitnya). Sedangkan fase pemecahan masalah baru akan dilakukan jika proses pelatihan selesai, fase tersebut sering disebut dengan fase testing/pengujian.
Setelah proses pengujian dilakukan, diperoleh kesimpulan yaitu tingkat keberhasilan program dalam mengenali citra selalu berubah dikarenakan nilai bobot yang acak. Pengujian keseluruhan abjad didapatkan hasil akurasi 77.08%. Aplikasi ini juga mampu mengenali lebih dari satu abjad dalam sekali proses testing, dan juga mampu mengenali citra yang diambil dari jarak yang berbeda dengan citra training.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28