PENERAPAN METODE LOCATION BASED SERVICE (LBS) UNTUK APLIKASI TOURISM GUIDE KABUPATEN SUMBAWA BARAT BERBASIS ANDROID

  • Ahmad Fahrizal Syamsi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kabupaten Sumbawa Barat, Location Based Service, Smartphone

Abstract

Banyak orang lebih mengenal pulau Lombok daripada pulau Sumbawa, bahkan kebanyak orang mengira provinsi Nusa Tenggara Barat hanya dimiliki oleh pulau Lombok. Pulau Lombok terkenal dengan keindahan tempat wisatanya yang beragam, itulah salah satu yang membuat pulau Lombok lebih terkenal daripada pulau Sumbawa. Oleh sebab itu melalui permasalah tersebut penulis coba memperkenalkan pulau Sumbawa melalui tempat-tempat wisata dan adat istiadat yang belum kebanyakan orang tau, dengan memanfaatkan teknologi.
Location Based Service (LBS adalah layanan informasi yang dapat diakses melalui mobile device dengan menggunakan mobile network, yang dilengkapi kemampuan untuk memanfaatkan lokasi dari mobile device tersebut. Dengan memanfaatkan Location Based Service pada smartphone dapat digunakan untuk menentukan lokasi wisata..
Untuk berjalan dengan lancar aplikasini dapat dijalankan di android OS v4.0.1 (Jelly Bean), v4.4.2 (KitKat ), v5.0.2 (Lollipop), v6.0 (Marshmallow) Hasil pengujian dari sistem menunjukkan 74% user mengatakan baik dan 26% user mengatakan cukup. Menu dan fitur dalam aplikasi berjalan dengan lancar dan sudah memenuhi kebutuhan dalam membantu pengguna dalam menentukan lokasi wisata yang dituju.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28