APLIKASI CHATTING MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI BERBASIS ANDROID

  • Moch. Bahrul Ulum Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: kriptografi, android, chatting, base64, keamanan jaringan, group chat

Abstract

Salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah aplikasi chatting. Pada proses chatting tentu ada informasi rahasia yang terkandung. Ada kalanya seseorang ingin mengambil kesempatan untuk mendapatkan informasi rahasia tersebut. Pada acara tertentu yang memerlukan privasi tinggi, sebuah sistem keamanan sangatlah diperlukan untuk menjaga kerahasiaan informasi. Seperti pada acara pemilihan rektor universitas dan dekan fakultas yang memerlukan sistem keamanan jaringan dan informasi khusus untuk melindungi komunikasi yang terjadi antara panitia dan staff acara.
Kriptografi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Teknik kriptografi digunakan penulis untuk menjaga pesan agar aman. Sebuah algoritma kriptografi disebut cipher, merupakan persamaan matematik yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dimengerti selain orang yang dituju. Dekripsi adalah suatu upaya pengolahan informasi menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang dituju
Setelah dilakukan proses pengujian terhadap aplikasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat mengirim pesan enkripsi kepada lebih dari 2 client yang terhubung dalam satu jaringan lokal yang sama dan aplikasi ini memiliki versi mobile dan web. Pesan enkripsi yang dikirimkan akan dilakukan proses dekripsi untuk mengetahui pesan yang sebenarnya disampaikan ke penerima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28