PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBJEK WISATA DI MALANG RAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Fahruzi Handika Putra Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Objek Wisata, Malang Raya, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Web, GIS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ramainya setiap orang untuk berwisata. Karena dengan berwisata setiap orang dapat menghilangkan penat akibat aktivitas selama seharian. Pemilihan objek wisata yang tepat sangat berpengaruh dalam berwisata. Permasalahan yang sering muncul yakni masih banyaknya orang yang berwisata namun tidak mendapatkan kepuasan dalam berwisata. Ini dapat disebabkan dari kurangnya informasi detail objek wisata yang ada khususnya di Malang Raya. Tidak semua objek wisata memiliki fasilitas yang sama antara satu dengan yang lainnya. Dari semua kekurangan ini yang mengakibatkan wisatawan tidak akan merasakan kepuasan nantinya ketika berwisata. Oleh karena itu mengetahui betapa pentingnya memilih objek wisata yang tepat, maka dibutuhkan sebuah sistem dalam bidang kepariwisataan. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan pengambilan keputusan pemilihan objek wisata di Malang Raya secara efektif.
Penelitian ini menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Konsep didalam metode AHP adalah merubah nilai-nilai kualitatif menjadi nilai kuantitatif sehingga keputusan-keputusan yang diambil bisa lebih obyektif. Metode AHP ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud yaitu objek wisata. Pemilihan dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu objek wisata yang terbaik.
Hasil perhitungan akurasi keakuratan metode AHP berdasarkan 10 data wisata baik melalui simulasi program dan manual. Nilai akurasi keakuratan sebesar 99,3%. Serta aplikasi menyediakan informasi-informasi yang banyak dibutuhkan oleh wisatawan dalam suatu objek wisata dalam bentuk rangking wisata. Dengan adanya aplikasi diharapkan wisatawan yang akan berwisata di Malang Raya dapat mendapatkan informasi detail objek wisata sehingga dapat berwisata semaksimal mungkin. Setiap orang juga dapat menambahkan objek wisata di Malang Raya yang belum ada dalam aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28