RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI PEGAWAI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID UNTUK SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (Studi Kasus CV. Sari Alam Mojokerto)

  • Afriya Safitrie Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: RFID, presensi, CV. Sari Alam

Abstract

Manajemen presensi yang kian berkembang dinilai perlu memanfaatkan kehadiran teknologi informasi. Pasalnya, teknologi itu tidak hanya memberikan kemudahan layanan tapi menjadikan informasi lebih akurat, cepat, dan mudah diakses. Untuk itu diperlukan pengelolahan absensi secara kreatif, inovatif, dengan penerapan teknologi informasi yang terus berkembang. Sistem presensi yang masih diterapkan adalah jenis presensi dengan menggunakan presensi manual menggunakan media kertas dan tidak efisien jika dilihat dari segi waktu, rekapitulasi data kehadiran dan ketepatan atau keaslian dari data yang disajikan. Teknologi baru sistem presensi menggunakan sidik jari dan menggunakan retina. Namun juga memiliki ketebatasan dalam penggunaannya.
Pada pembuhatan aplikasi ini akan dikembangkan sistem presensi yang menggunakan teknologi RFID. RFID akan memanfaatkan sensor dalam membaca data. Penggunaan RFID yang dapat mempermudah bagi pegawai dan petugas presensi di CV. Sari Alam Mojokerto dalam memantau presensi kehadiran pegawai. Pengunaan teknologi RFID, data akan terekam hanya dengan melewati sensor pembaca yang ada tanpa melakukan kontak langsung dengan sistem pembaca kartu dengan demikian data presensi akan tersimpan secara otomatis di server penyimpanan.
Karenanya, teknologi RFID menjadi pilihan penulis untuk mengatasi masalah tersebut yang diharapkan dapat menambah efisiensi waktu bagi pegawai dan petugas presensi pegawai untuk melakukan pekerjaanya. Karena yang biasanya terjadi proses presensi dilakukan sebelum jam kerja dan biasanya antri untuk tanda tangan absen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28