SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE ( Studi Kasus : Kota Kediri )

  • Mahmud Tohari Walula Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Pemilihan rumah, Rumah, Metode Promethee

Abstract

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan. Hal itu dikarenakan rumah memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi manusia dari hujan dan panasnya terik matahari. Namun untuk membangun sebuah rumah memerlukan waktu lama dan lahan kosong yang cukup luas, yang dimana pada era sekarang ini lahan kosong sudah cukup sulit untuk dicari. Hal tersebut menyebabkan masalah bagi orang yang ingin segera memiliki sebuah rumah idaman untuk anggota keluarganya. Tentu saja, untuk segera memenuhi kebutuhan pokok tersebut, orang akan mengambil jalur alternatif lain, yakni membeli sebuah rumah jadi. Oleh sebab itu, penulis membuat sebuah website sistem pendukung keputusan untuk membantu orang dalam memilih rumah idaman.
Sistem pendukung keputusan dalam memilih rumah di Kota Kediri ini menggunakan Metode Promethee sebagai penyeleksiannya. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Metode Promethee merupakan metode yang bertujuan dalam memecahkan permasalahan yang bersifat multikriteria dengan cara menentukan urutan berdasarkan prioritas. Oleh sebab itu, sistem pendukung keputusan ini dapat diakses oleh semua orang dan dapat digunakan sesuai kebutuhan utamanya dalam memilih rumah berdasarkan kriteria yang diharapkan.
Pada proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara fungsional. Pada tahap pengujian dari 3 browser didapatkan browser Mozilla Firefox versi 50.0.1 dapat berjalan 100%, browser Google Chrome versi 11.0.9600.16384 dapat berjalan 100%, dan browser Internet Explorer versi 11.0.11 dapat berjalan 100%. Berdasarkan hasil pengujian tingkat akurasi nilai akhir sistem terhadap perhitungan secara manual ditemukan selisih antara perhitungan manual dengan perhitungan ssstem dengan persentase silisih sebesar 0.01%. Hasil Pengujian terhadap pengguna dari 15 responden dengan 5 pertanyaan, 77,3% memilih baik, 16% memilih cukup, dan 6,7% memilih kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28