PEMBUATAN GAME PETUALANGAN SI JUPRI UNITY 3D DENGAN MENGGUNAKAN METODE A*

  • Agung Widhi Pramono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Adventure, Algoritma A*, Petualangan Si Jupri

Abstract

Game merupakan media teknologi yang sudah tidak asing lagi dan dirancang dalam bentuk 2D dan 3D sebagai media hiburan maupun pembelajaran serta sudah menjadi permainan yang hampir wajib ada dalam setiap barang elektronik yang berhubungan dengan teknologi informasi. Di era teknologi sekarang, game dengan mudahnya bisa didapat, tidak heran jika pengguna game cenderung bertambah banyak.
Sebuah game akan lebih menarik jika didalamnya disertakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.Salah satu genre game yang terdapat kecerdasan buatan didalamnya yaitu genre adventure atau petualangan. kecerdasan buatan dalam game adventure bertujuan untuk menambah keseruan dalam game. Game Petualangan Si Jupri adalah sebuah game dengan genre adventure, dengan menggunakan kecerdasan buatan algoritma A* sebagai pathfinding pada musuh. Game ini dibuat menggunakan game engine Unity3D dan bahasa pemrograman C#.
Dari hasil pengujian fungsional yang dilakukan, pengujian kecerdasan buatan dan control game dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari pengujian performa, game dapat dijalankan dikomputer dengan aspek RAM 1 sampai 4GB, VGA minimal 512 Mb, dengan OS Windows 7 sampai 10. Dari hasil pengujian pengguna 7 dari 10 orang menyatakan gameplay game “Petualangan Si Jupri” menarik dengan presentasi 70%. Untuk tampilan game 7 dari 10 orang menyatakan menarik dengan presentasi 70%. Untuk desain karakter 6 dari 10 menyatakan menarik dengan persentase 60%. Untuk efek game 5 dari 10 menyatakan menarik dengan persentase 50%. Untuk Tingkat Kesulitan 7 dari 10 menyatakan menarik dengan persentase 70%. Untuk tampilan 8 dari 10 menyatakan menarik dengan persentase 80%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28