GAME PETUALANGAN SI KABAYAN MENYELAMATKAN HEWAN PUNAH DENGAN METODE FUZZY LOGIC

  • Gelar Cahya Mulya Ramdhani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Petualangan Si Kabayan, Fuzzy Logic, FSM, NPC

Abstract

Saat ini terdapat beberapa media untuk bermain game yang paling popular yaitu konsol game computer dan smartphone. Computer adalah salah satu media yang paling banyak digunakan para pengembang diindustri game untuk meluncurkan produknya. Dalam permainan musuh merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam video game, untuk menjadikan game semakin realistis karakter NPC (Non Playable Character), salah satunya musuh dalam game harus dapat menitu sifat atau prilaku manusia ataupun hewan dalam dunia nyata. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan kecerdasan buatan pada karakter NPC (Non Playable Character) pada musuh yaitu kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) jika tidak menggunakan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada karakter musuh tidak dapat mendeteksi keberadaan player, dan kecerdasan buatan Fuzzy Logic di gunakan untuk output aksi serangan musuh terhadap player.
Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan Fuzzy Logic. Fuzzy logic digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter boss fuzzy logic dan diterapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi.
Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player dan kecerdasan buatan fuzzy logic dari outpu aksi dapat digunakan untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28