SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE SAW(STUDI KASUS PT. FOCUS DISTRIBUTION NUSANTARA SURABAYA) BERBASIS DESKTOP

  • Andrea Graselita Beatrix Saquera Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Simple Additive Weighting, Pemilihan karyawan terbaik

Abstract

Pengelolaaan sumber daya manusia (SDM) dari suatu perusahaan sangat mempengaruhi banyak aspek penentu keberhasilan kerja dari perusahaan tersebut.Salah satu yang tepenting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) disuatu perusahaan adalah pemilihan karyawan terbaik secara periodik sehingga untuk memacu semangat karyawan dalam meningkatkan dedikasi dan kinerjanya. Namun pada kenyataannya PT. Focus Distribution masih belum optimal dalam pelaksanaan pemilihan karyawan terbaik hal ini disebabkan oleh belum tersedianya media yang dapat memproses penilaian karyawan dan memberikan rekomendasi dalam pemilihan karyawan terbaik.
Oleh karena itu pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari karyawan terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk melakukan perhitungan pada kasus pemilihan karyawan terbaik. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Kriteria bersifat statik, nilai bobotnya dapat diubah sesuai keinginan user. Kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menentukan karyawan terbaik yang telah direkomendasikan. Keputusan yang diambil bukan merupakan keputusan akhir,karena keputusan akhir tetap ada pada pengambil keputusan.
Sistem ini dikembangangkan dengan bahasa pemograman Visual Studio 2010 dan MySQL.Sistem informasi ini dapat digunakan untuk mengelola data karyawan yaitu proses penilaian karyawan, proses pemilihan karyawan terbaik, sampai dengan proses pembuatan laporan nilai karyawan.Output dalam sistem ini adalah nilai perhitungan pemilihan karyawan terbaik dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan rekomendasi karyawan terbaik untuk PT. Focus Distribution Nusantara Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28