SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA EXCELLENT MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA MTsN PUNCU KABUPATEN KEDIRI

  • Arik Agustyawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Peneriman siswa excellent , Metode Weighted Product

Abstract

Pada MTsN Puncu di Kabupaten Kediri siswa dan siswi yang mendaftar untuk jadi siwa di MTsN puncu ini semakin meningkat tiap tahun. Agar dapat menghasilkan siswa siswi yang unggul MTsN Puncu Kabupaten Kediri ini mengadakan kelas excellent untuk meningkatkan kualitas para siswa. Kelas excellent merupakan kelas khusus bagi siswa dan siswi yang memiliki potensi dan keunggulan dalam minat, bakat dan akademik.Semakin ketat seleksi yang diadakan oleh pihak sekolahan diharapkan dapat menghasilkan siswa dan siswi yang berkualitas sehinnga mampu untuk menaikkan akreditasi dan nama baik sekolah. Pada MTsN Puncu Kabupaten Kediri ini pihak sekolahan masih melakukan perhitungan secara manual sehingga resiko kesalahan dalam perhitungan masih sangat besar .
Pada penelitian ini penulis membuat system pendukung keputusan untuk membantu pihak sekolah dalam menyeleksi siswa yang ingin masuk kelas excellent dalam sekolah tersebut. system pendukung keputusan dalam pemilihan siswa excellent ini menggunakan metode weighted product untuk menyeleksi siswa yang berhak untuk masuk kelas excellent dengan upaya bisa membantu dalam memaksimalisasi dalam pemilihan siswa excellent dengan tepat dan tidak ada kesalahan dalam penyeleksian.
Pada proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara fungsional. Pada tahap pengujian dari 3 browser didapatkan browser Mozilla firefox 50.0.2 dapat berjalan 100% ,browser chrome versi 11.0.9600.16384 dapat berjalan 100%,dan browser mircrosoft edge 25.10586.0.0 dapat berjalan 100%, Hasil dari pengujian sistem pendukung keputusan peneriman siswa excellent menggunakan metode weighted product pada MTsN puncu Kabupaten Kediri dapat berjalan 100%, Serta dapat menghasilkan perhitungan yang benar dan akurat antara perhitungan manual dan aplikasi dengan hasil eror 0%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28