SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN JERUK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINNING

  • Azizul Moh Hamzani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar,diagnosa penyakit tanaman jeruk, Forward Chainning

Abstract

Buah jeruk merupakan buah dengan nilai konsumsi yang cukup tinggi dikalangan masyarakat pada umumnya. Jeruk merupakan komoditas buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomi penting dan nilai kesehatan yang berarti karena mengandung nilai gizi yang tinggi (Vitamin C dan vitamin A).Banyak petani jeruk terutama petani jeruk awam belum mengerti keseluruhan tentang penyakit tanaman jeruk, kebanyakan petani menggunakan inteksida untuk membasmi penyakit, dengan dibuatnya sistem pakar ini petani jeruk lebih bisa mengendalikan penyakit yang ada di tanaman jeruk dengan aplikasi ini, karena data diperoleh dari peneliti di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika yang beralamatkan di Jl.Raya Tlekung No.1 Batu.
Forward Chaining adalah metode pencarian atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan.. Pelacakan maju ini baik jika bekerja dengan permasalahan yang dimulai dengan rekaman informasi awal dan ingin dicapai penyelesaian akhir, karena seluruh proses akan dikerjakan secara berurutan maju
Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya.Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28