GAME ENDLES RUNING SI KANCIL MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE

  • Musyaffa Al - Hafi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Cerita Legenda, Game, Finite State Machine, Game Engine Unity3D

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan wisatanya, sumber daya alamnya, budayanya, bahasanya, legenda dan cerita rakyatnya, dan masih banyak lagi. Dalam legenda tersebut, sikancil diceritakan sangat suka mengambil timun, contohnya adalah Cerita Legenda Si kancil Suka Mengambil Timun. Akan tetapi semakin bertambahnya zaman dan semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak masyarakat yang terjun kedalam modernisasi tersebut, maka akan semakin banyak juga orang-orang meninggalkan kekayaan tradisi dan cerita legenda Indonesia.
Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine unity3D, dengan menerapkan metode Finite State Machine. Finite State Machine digunakan pada karakter player yang digerakan oleh kecerdasan buatan untuk mendukung game tersebut. Finite State Machine dapat digunakan untuk menentukan gerakan dan aksi dari player. Salah satu gerakan dan aksinya adalah pengambilan poin.
Target yang dicapai adalah dapat dimainkan oleh anak-anak usia dini bahkan hingga orang dewasa. Dari pengujian performa game dapat dijalankan dikomputer dengan aspek RAM 1-4GB, VGA minimal 512, dengan OS Windows 7 hingga 8. Dari hasil pengujian pengguna 7 dari 10 orang menyatakan gameplay game “Endles Runing Si Kancil” menarik dengan presentasi 70% dan sisa 3 lainnya menyatakan kurang menarik dengan persentase 30%. Untuk genre platfromer 7 dari 10 orang menyatakan menarik dengan presentasi 70%, 2 menyatakan kurang menarik dengan persentase 20% , dan 1 menyatakan tidak menarik dengan presentasi 10% dan untuk desain karakter 6 dari 10 menyatakan menarik dengan persentase 60%, 4 menyatakan kurang menarik dengan persentase 40%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28