SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TERNAK SAPI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Muhammad Yudid Fathurrohim Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pakar, Certainty Factor, Sapi

Abstract

Sapi merupakan hewan ternak yang sangat banyak manfaatnya bagi manusia dari segi daging,air susu,bahkan sampai kotorannya. Dengan adanya sapi, masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup mereka,dari semulanya tidak minum susu jadi minum susu begitu pula dengan yang biasanya tidak makan daging menjadi bisa makan daging sehingga sapi sangat banyak berguna bagi masyarakat.
Dengan berkembangnya teknologi saat ini, juga mengembangkan teknologi yang mampu untuk mengadopsi proses manusia dan cara berpikir adalah teknologi kecerdasan buatan. Buatan teknologi kecerdasan memiliki memungkinkan berkembang sistem pakar yang akan diterapkan. sistem pakar ini mendiaganosa penyakit ternak sapi dengan membangun sebuah sistem pakar yang dapat menganalisa gejala-gejala penyakit menjadi sebuah keputusan nama penyakit dengan menggunakan metode Certainty factor untuk mengetahui gejala-gejala penyakit yang ingin diketahui.
Dalam pembuatan sistem pakar ini, nantinya akan dibuatkan aplikasi sistem pakar berbasis desktop yang akan dibangun menggunakan Visual Studio dan SQL Server sebagai databasenya dengan tujuan menghasilkan informasi dalam mengetahui gejala-gejala dan jenis penyakit sapi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28