PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PRODUK ACCESSORIES KALUNG (STUDI KASUS DREAMS ACCESSORIES)

  • Vanning Maulidiana Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Augmented Reality, Website Technogy, 3D objects, Load swf html

Abstract

Penjualan online merupakan salah satu bisnis yang selalu berkembang. Tidak cukup mengandalkan hasil rancangan yang bagus saja, perancang atau produsen assesoris juga membutuhkan inovasi dalam proses produksi dan mempromosikan hasil produksinya agar laku dipasaran. Berbagai cara promosi dan penjualan terus dilakukan untuk dapat bersaing dipasaran. Namun inovasi teknologi dapat mengefisiensikan setiap aktivitas. Khususnya dibidang penjualan assesoris kalung
Media promosi pada produk accessories kalung yaitu Dreams Accessories yang menggunakan teknologi Augmented Reality dengan menggunakan library dan marker. Metode yang digunakan adalah marker based tracking. Marker berwarna hitam dan putih dengan bingkai hitam background putih dan pola khusus ditengahnya. Marker dicetak pada kertas lalu objek virtual 3D akan tampil ketika marker diarahkan dan terdeteksi pada webcam.
Hasil pengujian intensitas cahaya dan jarak pada objek, bertujuan untuk menguji marker dengan membandingkan antara jarak dan intensitas cahaya dari gelap sampai terang. Jika marker dihadapkan ke kamera webcam dengan cahaya gelap, maka marker bisa dibaca dan manpilkan objek dan ketika marker dihadapkan ke kamera dengan intensitas cahaya medium yang tidak terlalu terang, maka itu akan sedikit sulit untuk membaca marker dan menampilkan objek, dan jika marker dihadapkan ke kamera dengan cahaya intensitas tinggi, maka akan sangan sulit membaca marker dan menampilkan objek. Karena background marker berwarna hitam, sehingga ketika terkena intensitas tinggi cahaya itu akan menjadi abu-abu dan sulit untuk dideteksi oleh aplikasi. Hasil pengujian pada objek berdasarkan jarak tertentu menghasilkan perbedaan tampilan yaitu, saat jarak dekat (0-30 cm) objek dideteksi sangat mudah, untuk jarak sedang (31-60 cm) terdetekdi dengan cukup baik pula dan untuk jarak jauh (61-90 cm) marker tidak terdeteksi dengan baik (terdeteksi dengan baik dengan kondisi cahaya yang cukup).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28