SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KETERAMPILAN BERTANI PADA KELOMPOK TANI MODERN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

  • Ahmad Dedi Setiyawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SPK, penilaian, keterampilan bertani, kelompok tani, PHP, AHP

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional sangat bergantung pada hasil pertanian nasional. Untuk pemenuhan kebutuhan, usaha pemerintah dengan mengadakan sebuah program bagi para petani. Program tersebut berupa penilaian keterampilan bertani pada kelompok tani. Namun kendala yang dialami dalam proses penilaian adalah banyaknya kriteria yang menyebabkan tim penilaian kesulitan dalam proses menilai keterampilan bertani.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem yang berbasis komputer interaktif yang memudahkan pengguna pengambil keputusan dalam menggunakan data dan model untuk memecahkan suatu masalah yang tidak terstruktur. Sehingga penulis membuat aplikasi SPK menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) berbasis website untuk memecahkan permasalahan dalam penilaian keterampilan bertani. AHP merupakan metode dalam SPK untuk memecahkan sebuah permasalahan yang tidak terstruktur menjadi suatu hierarki. Dalam mengimplementasikan sistem pendukung keputusan penilaian keterampilan bertani berbasis website dibutuhkan sebuah tools. Tools tersebut adalah Texteditor Sublime Text3 dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan data ke dalam database dengan menggunakan Mysql.
Berdasarkan hasil pengujian keakuratan metode AHP dari perhitungan nilai prioritas kriteria utama baik melalui simulasi sistem maupun perhitungan manual nilai prosentase error yang dihasilkan -0.01176%% dan dari hasil pengujian fungsional sistem pada 3 browser, yaitu Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Google Chrome halaman website berhasil berjalan dengan baik sesuai prosentase 100% dan tidak berhasil berjalan dengan baik sesuai prosentase 0%. Input utama adalah nilai kriteria dan sub kriteria serta nilai keterampilan bertani yang akan memberikan output dalam bentuk penilaian berdasarkan nilai yang tertinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28