SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PRAYA DENGAN METODE K-NN (K-NEAREST NEIGHBOR) INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG

  • Manda Gillya Zataliny Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, K-NN, Pemilihan Jurusan pada siswa SMA, web

Abstract

Siswa SMP yang telah dinyatakan lulus berkeinginan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu tinggat SMA, salah satunya pada SMA Negeri 1 Praya dimana sekarang penjurusan pada siswa di SMA 1 Praya tidak lagi dilakukan pada kelas dua SMA melainkan pada kelas satu SMA. Tetapi ada hal yang patut disayangkan adalah kurang telitinya para siswa dalam menentukan jurusan dan akan berakibat pada kemalasan siswa karna tidak sesuai dengan kemampuan yang ada pada siswa tersebut.
Metode K-nn (K-Nearest Neighbor) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penyelesaian sistem keputusan dengan menentukan K tetangga untuk di jadikan perbandingan dengan hasil jarak, menghitung jarak terdekat dilakukan dengan menghitung antara data sampel (data lama) dengan data uji (data baru) sehingga hasil perhitungan dari data sample (data lama) dengan data (data baru) diurutkan berdasarkan jarak (hasil) terdekat. Sehingga bisa di tentukan hasil sesuai dengan pehitungan data dan perbandingan dengan K tetangga.
Sistem Pendukung keputusan pemilihan jurusan pada siswa SMA Negeri 1 Praya ini menentukan jurusan dengan menginputkan beberapa kriteria yang akan dihitung berdasarkan jarak terdekat, dan menghasilkan suatu keputusan jurusan sebagai alternatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28