SHOOTER GAME UNDERWATER MUTATION MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

  • Fachri Kurnia Utama Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: game, Artificial Intelligence, Finite State Machine, Shooter Game

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat, salah satunya di bidang Game. Game merupakan software yang kebanyakan tujuannya adalah untuk menghibur usernya. Terdapat banyak sekali game mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Mulai dari yang gratis sampai yang mahal.
Game memiliki banyak macam dan jenis genre, diantaranya adalah genre Shooter. Genre Shooter adalah jenis game genre yang menggunakan aksi menembak sebagai fiturnya. Video game shooter mengharuskan pemainnya untuk bisa bereaksi cepat dan tepat dalam memberikan respon terhadap rangsangan penglihatan dan pendengaran pada permainan tersebut.
Setiap game pasti memiliki AI (Artificial Intelligence). Artificial Intelligence adalah cabang dari ilmu komputer yang membuat sebuah sistem agar dapat bertindak layaknya seperti seorang manusia. Di dalam game, AI digunakan untuk membuat musuh seolah – olah dapat bertindak seperti makhluk hidup. Salah satu metode AI adalah FSM (Finite State Machine), yang memiliki prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Pada game Underwater Mutation, metode ini diterapkan pada musuh agar musuh dapat bereaksi dengan aksi dari player.
Setelah menyelesaikan game Underwater Mutation, dapat disimpulkan bahwa implementasi FSM (Finite State Machine) dapat diterapkan pada game 2 dimensi dengan indikasi musuh dapat berinteraksi terhadap player dalam kondisi tertentu. Hasilnya pergerakan dan respon musuh dalam game Underwater Mutation berjalan sesuai apa yang telah direncanakan. Game ini hanya dapat dimainkan di platform desktop. Untuk pengembangan selanjutnya disarankan agar game ini dapat dimainkan di platform lain selain desktop seperti platform android.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28