SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SERVICE CENTER DI KOTA MALANG BERBASIS WEBSITE

  • Ari Zulhijaya Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SIG, Service Center, Malang

Abstract

Pengembangan sistem informasi geografis berbasis web untuk menampilkan halaman profil, potensi kota saat ini masih sangat terbatas, khususnya di wilayah kota Malang. Kota Malang merupakan salah satu kota yang maju yang memiliki banyak sekali potensi kota baik dari alam maupun buatan. Sampai saat ini masyarakat kesulitan mencari suatu lokasi service center di kota Malang. Hal ini disebabkan karena data masih disimpan dalam bentuk penyimpanan arsip maupun komputer secara manual. Oleh sebab itu Sistem Informasi Geografis Service Center ini sangat diperlukan demi mengenfesiensi waktu dan mempermudah dalam input data.
Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi sistem informasi geografis (SIG) berbasis web untuk membantu user melakukan pencarian lokasi service center di kota Malang dalam proses pencarian yang sesuai kebutuhannya. Aplikasi dikembangkan dengan memanfaatkan Google maps. Dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Geografis Service Center ini, akan mempermudah untuk menginformasikan lokasi Service Center. Karena dengan peta digital dalam bentuk database akan lebih mudah diolah dari pada peta digital yang dalam bentuk gambar digital biasa Dari aplikasi ini nantinya dapat mengembangkan dalam penampilan peta Kota Malang, yang didalamnya terdapat informasi lokasi Service Center kota Malang.
Setelah melakukan pengembangan sistem informasi geografis service center kota malang berbasis website kemudian telah dilakukan pengujian diantaranya pengujian fungsional dan pengujian pengguna. Hasil dari pengujian fungsial tersebut didapatkan hasil bahwa semua fungsi atau fitur pada website ini sudah berjalan sudah berjalan 100%. Sedangkan dari hasil pengujian pengguna pada penilaian tampilan website didapat 60 % mengatakan baik, 6% mengatakan cukup. Sedangkan pada tampilan maps Service center didapat 66% mengatakan baik dan 33% mengatakan cukup. Sedangkan kemudahan penggunaan website didapat hasil 60% mengatakan baik dan 40% mengatakan cukup. Sedangkan keakuratan lokasi didapat hasil 66% mengatakan baik dan 23% mngatakan cukup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28