APLIKASI PENGENALAN PARIWISATA KABUPATEN BOJONEGORO BERBASIS ANDROID

  • Fani Andi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android, Eclipse, Location Based Service (LBS)

Abstract

Penyampaian informasi tentang lokasi objek wisata di Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan media brosur di tempat-tempat wisata yang ditempelkan pada papan informasi serta kurangnya minat wisatawan dalam membaca informasi tersebut menjadi suatu permasalahan bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro dalam mempromosikan sektor pariwisata di daerah tersebut. Maka dibutuhkan suatu cara dengan memanfaatkan teknologi yang bisa membuat telepon seluler dapat berinteraksi dengan user dimana informasi tersebut dapat langsung diperoleh dimana saja oleh setiap wisatawan guna mengetahui tempat lokasi objek wisata yang akan mereka tuju yaitu dengan Aplikasi Pengenalan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Berbasis Android
Media pengenalan wisata yaitu pengenalan pariwisata Kabupaten Bojonegoro berbasis android ini mengenalkan wisata Kabupaten Bojonegoro secara mendasar. Pengenalan tersebut terdiri dari objek wisata, hotel, event dan travel pada Kabupaten Bojonegoro dengan menampilkan detail dan peta. Aplikasi ini menggunakan Location Based Service (LBS) untuk menampilkan peta. Aplikasi ini dibuat pada mobile device berbasis Android. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman eclipse.
Hasil Pengujian pada fungsional mobile didapatkan bahwa aplikasi mobile dapat berfungsi pada android (4.0) kitkat dan android (5.0) Lolipop. Hasil pengujian didapatkan bahwa website dapat berfungsi pada Google Chrome, Mozila Firefox, dan Internet Explorer. Pada pengujian kepuasan pengguna diambil hasil bahwa dari lima pengguna yang telah diberi kuisioner memberikan nilai kepuasan dari segi penggunaan tampilan antar muka , manfaat, kesesuaian serta keakuratan hasil informasi dengan presentase sebanyak 52 % menyatakan bahwa pengguna memilih baik dan 48% menyatakan cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28