SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI KARYAWAN BARU MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT PADA PT. GANGSAR TULUNGAGUNG INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG

  • Muhammad Rif’ad Basha Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Seleksi Karyawan , Metode Weight Product

Abstract

Karyawan adalah asset yang utama dari tiap perusahaan. Perananan karyawan menentukan berhasil tidaknya perusahaan untuk mencapai sasarannya. Perusahaan selalu berusaha untuk memperoleh dan menempatkan karyawan yang berkualitas pada setiap jabatan atau pekerjaan agar pelaksanaan pekerjaan lebih berdaya guna serta berhasil. Seleksi karyawan adalah suatu proses untuk mendapatkan calon karyawan yang akan menempati posisi tertentu. Karyawan adalah kekayaan dari setiap perusahaan. Peran karyawan sangat menentukan keberhailan perusahaan untuk mencapai sasaran ataupun tujuanya. Perusahaan harus selalu berusaha untuk mendapatkan dan karyawan yang berkualitas untuk jabatan atau pekerjaan tertentu agar pelaksanaan pekerjaan lebih berdaya guna serta berhasil. Melihat segi kepentingan tersebut, penulis membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang berkaitan dengan seleksi karyawan sales. Melihat kepentingan karyawan yang begitu sangat penting sehingga sangat memungkinkan akan terjadinya suatu permasalahan mengenai seleksi karyawan sales.
Pada skripsi ini dibuatlah aplikasi sistem yang mampu mempercepat proses penilaian kriteria menggunakan metode weight product. Metode Weigtht Product adalah keputusan analisis multi-kriteria yang sangat popular yang merupakan metode pengambil keputusan multi-kriteria. Sistem yang dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari perusahaan PT. Gangsar Tulungagung.
Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara fungsional mulai dari fungsi pada User HRD Dan User untuk calon karyawan, semua fungsi berjalan 100%. Pada tahap pengujian dari 3 browser didapatkan hasil browser Google Chrome dapat berjalan 100%, Mozilla Firefox dapat berjalan 100% dan Internet Explorer berjalan 100%. Dari hasil pengujian sistem berjalan dengan baik serta dapat menghasilkan perhitungan yang benar dan akurat antara perhitungan dan aplikasi dengan hasil error 0%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28