SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA BURUNG MURAI BATU MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

  • Aris Nugroho Budiono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit, Burung Murai Batu

Abstract

Murai batu merupakan burung berkicau yang cukup terkenal karena kemerduan suaranya. Ukuran tubuhnya sedang, kira-kira 27 cm dan berat 32 gram. Paruh berwarna hitam tipis dan ukuran kepalanya rata-rata bulat (walau ada beberapa yang berbentuk agak ceper dan sedekit lebih tebal). Panjang ekor 15-35 cm (tergantung spesiesnya). Dengan semakin majunya teknologi dan informasi saat ini, maka membawa pengaruh dalam kemajuan perkembangan komputer khususnya pada perkembangan perangkat lunaknya, termasuk salah satunya adalah sistem pakar yang merupakan cabang dari kecerdasan buatan. Sistem pakar merupakan program computer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya.
Salah satu metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah metode certainty factor yang merupakan metode yang mendefinisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang dihadapi, dengan menggunakan certainty factor ini dapat menggambarkan tingkat keyakinan pakar. Dengan adanya sistem pakar ini diharapkan dapat membantu pemelihara atau penangkar pemula yang ingin mendeteksi penyakit yang diderita burung murai batu
Hasil pengujian keakuratan metode baik melaui simulasi program maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai admin dan user berjalan sesuai fungsinya pada browser.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28