GAME ADVENTURE “KAMPUNG PENCAK SILAT” MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC

  • Toha Indra Muji Deli Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game Adventure, Finite State Machine, Fuzzy Logic, Unity3D

Abstract

Game adalah salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga dewasa. Game dikembangkan dalam berbagai jenis. Salah satu yang paling populer adalah permainan petualangan. permainan ini biasanya berupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan. Maka dari itu penulis membuat Game Adventure “Kampung Pencak Silat” untuk memberikan hiburan yang asli dari budaya Indonesia yaitu beladiri Pencak Silat.
Metode yang dipakai dalam pembuatan game adventure Kampung Pencak Silat ini menggunakan metode FSM atau Finite State Machine dan Fuzzy Logic. Dimana metode tersebut bagian dari metode kecerdasan buatan atau artificial intelligence untuk pengambilan keputusan karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut.
Pada pengujian fungsi Game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Pada pengujian implementasi metode FSM dilakukan langsung pada Software Unity, sedangkan metode Fuzzy Logic yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dari implementasi pada game dengan Fuzzy Logic Toolbox pada Matlab, dapat berjalan 100%. Pada pengujian fungsional dari 22 aspek didapat semua berjalan dengan baik. Dan pada pengujian yang dilakukan terhadap 10 responden didapatkan hasil rata-rata dari 7 aspek yang ditanyakan menjawab 77% Baik, 18% Cukup, 5% Kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28