PENGEMBANGAN GAME SURVIVAL HORROR 3D RAPTA MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

  • Ahmad Masyhudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Finite State Machine, Survival Horror, NPC(None Player Character)

Abstract

Di era modern pada saat ini begitu banyak teknologi yang semakin berkembang khususnya di bidang komputer. Salah satunya yaitu game, Game adalah suatu hiburan atau permainan media elektronik yang dapat dimainkan dengan aturan dan tujuan tertentu sehingga pada akhirnya ada yang menang dan ada yang kalah. Game yang paling sering diminati salah satunya adalah game survival horror, game survival horror adalah game yang menuntut pemainnya bertahan dengan situasi horror dengan sumber daya yang terbatas. Begitu populernya game horror sehingga sampai saat ini banyak jenis game horror baru bermunculan,indonesia sendiri pada saat ini telah mempunyai game horror yang tidak kalah menarik dari game-game buatan luar negri.
Pada pembuatan game penulis menggunakan metode AI Finite State Machine. Finite State Machine adalah AI yang banyak digunakan pada game, dimana pada AI tersebut menerapkan otomatisasi kondisi atau state yang di atur seolah-olah kondisi tersebut terjadi sendiri tanpa ada yang mengontrol, salah satu contoh AI tersebut di terapkan pada musuh di game sehingga musuh pada game tersebut berinteraksi seperti hidup sendiri tanpa dikontrol oleh player.
Game yang dibuat oleh penulis menerapkan AI Finite State Machine pada NPC (None Player Character) atau musuh yang ada di setiap stage dan pada boss di final game sehingga state yang dihasilkan NPC bisa mengejar dan menyerang secara otomatisasi tanpa dikontrol oleh pemain. Pada pengujian fungsionalitas semua fungsi pada game dapat dijalankan dan pada pengujian performance game dapat berjalan pada komputer yang memiliki spesifikasi berbeda-beda tetapi membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi agar game tidak lambat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28