PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS KASUS UNTUK PENENTUAN KELOMPOK RUJUKAN PERSALINAN

  • Millati Nailatul Izza Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukukng Keputusan (SPK), Berbasis Kasus, Kartu Skor Poedji Rochjati (KSPR), Rujukan Persalinan

Abstract

Angka kematian ibu dan bayi terutama di Indonesia masih sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan salah satunya karena kesalahan dalam penentuan rujukan persalinan. Selain itu kurang terdeteksinya sejak dini risiko yang dialami oleh ibu hamil juga menjadi salah satu faktor persalinan yang berakibat fatal. Dalam mengatasi permasalahan risiko ibu hamil digunakanlah sebuah kartu yang disebut Kartu Skor Poedji Rochjati (KSPR). Penggunaan KSPR ini sudah sangat membantu dalam mengatasi kesalahan dalam memberikan penanganan dalam persalinan, namun sampai sejauh ini penggunaannya masih manual sehingga rentan terjadi kesalahan disebabkan karena human error.
Sistem berbasis kasus atau case based reasoning (CBR) merupakan salah satu metode dalam penyelesaian keputusan dengan membandingkan serta mencari kemiripan kasus baru dengan kasus-kasus terdahulu. Kasus-kasus terdahulu telah disimpan pada sebuah basis kasus, yang menjadi acuan ketika ditemukannya kasus baru yang memerlukan solusi. Pengalaman penanganan kasus terdahulu akan memudahkan penanganan kasus baru apabila ditemukan persamaan kasus sehingga bisa dengan cepat memberikan solusi.
Oleh sebab itu penulis ingin membangun sebuah aplikasi berbasis desktop, tentang pengembangan sistem pendukung keputusan berbasis kasus untuk penentuan kelompok rujukan persalinan. Penggunaan metode berbasis kasus atau case based reasoning (CBR) sudah memberikan solusi yang diharapkan. Perbandingan perhitungan antara perhitungan manual dan sistem memiliki hasil yang sama. Sistem pendukung keputusan yang dibangun telah dapat membantu mengatasi beberapa permasalahan sehari-hari termasuk dalam bidang kesehatan seperti digunakan untuk membantu memberikan rujukan persalinan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28