PERANCANGAN SISTEM KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DAN SMS GATEWAY

  • Andika Candra Pristiawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: arduino, rfid, sms gateway, keamanan rumah, visual studio, mysql

Abstract

Rumah sebagai tempat berlindung dan menyimpan barang berharga bagi semua orang. Pintu rumah yang masih menggunakan kemanan kunci konvensional menjadi perhatian khusus, yang mana dengan keadaan sekarang yang rawan sekali tindak kejahatan pembobolan. Kunci konvensional yang bisa digandakan juga faktor utama yang membuat pemilik rumah kecolongan. Dengan keadan rumah kosong yang ditingal jauh oleh pemiliknya tidak bisa mengetahui keadaan rumah masih keadaan aman atau telah kecolongan.
Kunci konvensional masih memiliki celah untuk orang lain bisa bertindak jahat, dengan perkembangan sekarang kunci konvensional bisa digantikan dengan berbasis RFID (Radio Frequency Identification). RFID Tags yang memiliki kode unik sebagai sembuah id peganti kunci konvensional yang tidak bisa diduplikat. Dengan menggunakan RFID Tags Sebagai kunci dan RFID Reader sebagai alat untuk membaca kode unik di dalam tags. Pemilik rumah juga bisa mengetahui orang yang berusaha masuk dan telah masuk ke dalam rumah dari notifikasi menggunakan SMS Gateway yang dikirim oleh server.
Membuat Perancangan Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) berjalan pada dekstop yang menggunakan sistem operasi windows 7, 8, dan 10. Hasil pengujian pada sistem dengan menyebarkan kuisioner kepada 5 responden. Dari hasil pengujian user dapat ditarik kesimpulan aplikasi telah sesuai degan hasil baik sebesar 84%. Notifikasi menggunakan sms dapat diterima oleh user dengan rata-rata delay pengiriman pesan pada provider simpati sebesar 26,3 detik, XL 27 detik, dan Indosat 28 detik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28