KLASIFIKASI KELOMPOK BELAJAR PPTQ MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MABADI’UL HUDA DESA BANJARARUM KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG)

  • Chalim Achmad Chuzaini Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Al-Qur’an, PPTQ, Pesantren, Clustering, K-Means, Vb.net, Sql Server

Abstract

Mempelajari Al-Qur’an adalah bagian penting dari bukti umat Islam meyakini kebenaran Al-Qur’an dan mengimaninya. Dalam mempelajari Al-Qur’an ada beberapa metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah metode PPTQ yaitu Program Pelatihan Terjemah Alqur’an. Metode PPTQ tidak hanya mempelajari Al-Qur’an Tetapi juga terjemahannya, dalam penerapannya terdapat pembagian kelompok agar mempermudah dan lebih mengefisiensikan waktu. Salah satu yang menerapkan metode PPTQ adalah pondok pesantren mabadi’ul huda. Di pondok tersebut untuk pembagian kelompok belajar PPTQ masih menggunakan cara manual membagi kelompok secara langsung, hal itu menjadi tidak efisien.
Pada penelitian ini, penulis mencoba membangun suatu sistem untuk mengelompokkan data santri yang mengikuti PPTQ berdasarkan beberapa kriteria penilaian. Pengelompokkan data dilakukan dengan menggunakan metode clustering K-Means yaitu dengan mengelompokkan n buah objek ke dalam k kelas berdasarkan jaraknya dengan pusat kelas tersebut. Dalam membangun sistem tersebut penulis akan menggunakan vb.net dan juga sql server untuk servernya.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dari proses pengujian fungsional pada sistem menu menu yang terdapat pada sistem dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28