RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN RUANG SERVER ITN MALANG BERBASIS WEB

  • Mukhammad Alfiyan Ulinnuha Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Monitoring, Control, Server, Nirkabel, Efisiensi dan Internet of Things

Abstract

Server merupakan pusat penyedia layanan informasi dan data yang memiliki peran vital pada sebuah instansi. Maju atau tidaknya sebuah instansi tidak akan lepas dari peranan teknologi informasinya. Suhu dan kelembaban pada sebuah ruang server memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja sebuah server. Suhu ruang server yang terlalu tinggi akan mengakibatkan rusaknya komponen server, salah satunya adalah processor dan router. Maka diperlukan pemantauan pada sebuah ruang server agar tetap dalam kondisi yang mendukung kinerja optimal sebuah server.
Adanya perangkat yang dapat melakukan proses monitoring suhu dan kelembaban pada ruang server ITN Malang berbasis web ini, selain dapat me-monitoring suhu dan kelembaban, perangkat ini juga dapat me-monitoring status hidup atau mati AC (Air Conditioner) pada ruang server tersebut. Penerapan teknologi Internet of Things dan antarmuka web akan membuat sistem ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Hasil pengujian fungsional sistem dapat berjalan pada mikrokontroller Arduino dan fungsi pada website monitoring dapat berjalan dengan normal. Pengujian sensor suhu pada perangkat monitoring memiliki error rata-rata sebesar 1.824%, sensor kelembaban memiliki pembacaan error sebesar 1.712%. Sensor arus untuk mendeteksi kondisi Air Conditioner dapat berjalan normal dan sesuai dengan kegunaan sistem kontrol pada perangkat. Pengujian modul wifi pada perangkat saat pengiriman data dapat berjalan secara normal. Pengujian notifikasi email sudah berjalan dengan baik ketika suhu dan kelembaban mencapai batas minimum atau maksimum. Pengujian compability web berjalan dengan baik pada 3 web browser yaitu Mozilla Firefox version 51.0, Opera version 12.15 dan Google Chrome version 55.0. Pengujian user diberikan kepada 5 responden, didapatkan hasil 88% responden mengatakan baik dan 12% responden mengatakan cukup baik terhadap sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28