APLIKASI MONITORING KEHADIRAN SISWA SMKN 1 BANDUNG BERBASIS ANDROID

  • Fendy Setiawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android, Web Server, Monitoring Kehadiran Siswa, Absensi

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di setiap lembaga sekolah adalah pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik siswa siswi yang sering membolos atau tidak mentaati peraturan sekolah sehingga menyebabkan kedisiplinan siswa tersebut berkurang dan merugikan diri sendiri serta orang banyak terutama kedua orang tua. Siswa yang melakukan pelanggaran akan diberi surat peringatan kepada guru BP/BK atau surat panggilan kepada orang tua siswa yang bersangkutan, sehingga orang tua harus datang ke sekolah untuk memenuhi surat panggilan tersebut, dan guru BP/BK akan memberikan informasi berupa daftar siswa yang melakukan pelanggaran atau membolos kepada orang tua siswa tersebut. Penulis ingin memberikan solusi terkait permasalahan siswa yang tidak mentaati peraturan sekolah berupa membolos maupun manipulasi absensi dikelas. Penulis mengembangkan aplikasi yang bernama Monitoring Kehadiran Siswa SMKN 1 Bandung Berbasis Android.
Aplikasi Monitoring Kehadiran Siswa merupakan aplikasi Android yang berfungsi untuk mempermudah guru dalam melakukan presensi dan memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang informasi data absensi siswa. Informasi yang diberikan oleh guru kepada orang tua berupa informasi kehadiran siswa saat mengikuti pelajaran dikelas dan membantu orang tua siswa dalam memonitoring perkembangan kegiatan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dikelas. Aplikasi yang dibuat oleh penulis sudah terintegrasi dengan database, aplikasi ini memberikan informasi yang tersimpan dalam database tentang absensi siswa selama belajar di sekolah. Aplikasi ini dibangun dengan sebuah software dari anywhere software yakni basic for Android, sebuah software untuk membuat aplikasi Android dengan menggunakan bahasa java. Database yang biasa digunakan dalam sistem operasi Android ini adalah MYSQL.
Salah satu tujuan dibangun aplikasi ini adalah meningkatkan kedisiplinan siswa dan juga membantu orang tua serta guru dalam memonitoring prestasi siswa dalam belajar di sekolah. Hasil pengujian fungsional menyimpulkan fungsi login pada website dan aplikasi Android 100% sudah sesuai. Semua fungsi pada website admin yang meliputi create, read, update dan delete 100% sudah sesuai. Fungsi pada aplikasi berdasarkan hak akses 90% telah berjalan sesuai dengan dengan kebutuhan aplikasi, dan aplikasi tidak dapat dipasang pada Android dengan versi dibawah 4.0 akibat penggunaan Android SDK (Software Development Kit) minimal versi 14 dan library FCM (Firebase Cloud Messaging) 9.4 yang tidak mendukung Android versi rendah. Pada pengujian aplikasi tampilan fungsi menu data guru, data siswa dan presensi pada ukuran layar dibawah 7 Inch kurang baik. Hasil pengujian user menunjukkan bahwa bahwa 50% pengguna menilai aplikasi mudah untuk digunakan, 42% menilai tampilan aplikasi sudah baik, 49% menilai warna aplikasi cukup, 50% informasi dalam aplikasi cukup, 49% menilai kinerja aplikasi baik, 49% kemudahan melakukan presensi baik, dan 77% ,menyatakan aplikasi bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28