IMPLEMENTASI METODE CASE-BASED REASONING UNTUK REKOMENDASI TEMPAT OLEH-OLEH DI KOTA MALANG BERBASIS ANDROID

  • Riska Widiyana Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: implementasi, case-based, reasoning, kasus, rekomendasi, kuliner, oleh-oleh, malang

Abstract

Metode Case-Based Reasoning atau CBR adalah salah satu metode penyelesaian masalah berbasis pengetahuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah berdasarkan pengalaman masa lalu. Pemanfaatan CBR dalam sistem rekomendasi bukanlah hal yang baru. Awal mula pemanfaatan CBR dalam bidang rekomendasi adalah ketika pentingnya nilai suatu parameter dan hasil pengguna untuk disimpan. Karena hal ini sangat bermanfaat untuk pengguna lain dalam memperoleh hasil maupun kasus yang sama.
Penelitian ini bertujuan memaparkan rancangan konsep CBR yang dapat digunakan dalam sistem rekomendasi oleh-oleh di Kota Malang. Dimana banyak sekali terdapat pusat oleh-oleh yang tersedia di Kota Malang. Karena hal ini menyangkut potensi pertumbuhan wisatawan di Kota Malang yang kian tahun semakin meningkat. Dalam penelitian ini konsep-konsep dalam tahapan proses pada CBR dijelaskan sesuai dengan studi kasusnya, meliputi teknik penyimpanan data kasus, pencarian kemiripann atau kesamaan kasus dan menghasilkan solusi sesuai dengan yang diinginkan. Dengan pembagian kriteria kemiripan antara lain HIGH, MEDIUM, LOW akan memudahkan dalam memilih kasus yang memiliki kemiripan paling tinggi dengan kasus baru.
Tetapi hasil dari penelitian ini tidak menjamin solusi yang tepat atau solusi optimum. Karena inti dari konsep CBR hanya memecahkan masalah berdasar kasus-kasus yang telah disimpan. Untuk mendapatkan solusi yang tepat, CBR membutuhkan jumlah kasus yang sangat banyak untuk menjadi basis pengetahuannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28