SISTEM PAKAR DETEKSI PENYAKIT TANAMAN KENTANG MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Vita Indri Safitri Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Tanaman kentang, Sistem pakar, Metode Certainty Factor

Abstract

Tanaman Solanum Tuberosum, adalah nama latin dari kentang. Kentang merupakan tanaman dikotil yang bersifat semusim, termasuk Family Solanaceae, dan memiliki umbi batang yang dapat dimakan.Tanaman kentang memiliki penyakit yang menyerang bagian tertentu tanaman kentang. Penyaki tanaman kentang menyerang pada morfologi tanaman kentang, seperti daun, batang, akar, dan buah kentang, contohnya penyakit bercak daun. Untuk menggendalikan penyakit tanaman kentang, membutuhkan cara pengendalian yang tepat. Pengendalian penyakit tanaman kentang dapat dilakukan dengan budidaya tanaman kentang secara tepat. Budidaya tanaman kentang berpengaruh besar terhadap hasil tanaman kentang yang akan dihasilkan, terutama cara pemilihan bibit dan cara pemeliharaan tanaman kentang berpengaruh besar terhadap tanaman kentang.
Sistem pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan, secara umum adalah sistem yang mengadopsi pengetauan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Dengan Metode Certainty Factor (CF) yang merupakan metode yang mendefinisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan, untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi, dengan menggunakan Certainty Factor ini dapat menggambarkan tingkat keyakinan pakar. Dengan adanya sistem pakar ini, diharapakan dapat membantu para pengguna dalam mendeteksi penyakit tanaman kentang dalam pengendalian penyakit yang dialami tanaman kentang.
Pengujian hasil untuk menetukan keakuratan metode yang digunakan, baik melalui program maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan program dengan perhitungan manual memiliki hasil yang sama dengan nilai prosentase error, baik melalui perhitungan sistem dan analisis perhitungan manual didapatkan nilai presentase error tertinggi 0.7%, error terendah 0.2% dan rata-rata error sebesar 0.14%. Hasil pengujian fungsional sistem hak akses sebagai user dan admin berjalan sesuai dengan fungsinnya, untuk menguji fungsi dari sistem tersebut menggunakan browser. Browser yang digunakan menguji aplikasi sistem dengan menggunakan 3 browser yaitu Mozilla Firefox. Internet Explorer, dan Google Chrome. Dan 100% bisa di tampilkan di browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Google Chrome.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28