PENGEMBANGAN GAME SURVIVAL 3 DIMENSI WAGIMAN 88 DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA A*

  • Dhiyas Wibawa Satria Adrian Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Survival, Wagiman 88, Algoritma A*, Non-Playable character

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, semakin bertambah peminat dalam bidang teknologi dan semakin tinggi tingkat kepuasan orang untuk mencukupi kebutuhan. Salah satu bidang teknologi yang diminati oleh banyak orang adalah game. Game merupakan media teknologi dalam bentuk 2D dan 3D bertujuan untuk bersenang-senang, menghilangkan kejenuhan atau mengisi waktu luang. Tujuan membuat game sendiri membuat game agar seseorang dapat menikmati karya mereka. Salah satu game tersebut adalah game “Wagiman 88” dengan genre Survival Shooter dengan grafik game 3D.
Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine unity3D, dengan menerapkan Algoritma A*. pada umumnya Algoritma A* sering digunakan pada game untuk kasus pencarian jalur. Game ini menggunakan Algoritma A* yang diimplementasikan pada musuh untuk memberikan penglihatan kepada karakter NPC contohnya pada karakter musuh agar dapat mengetahui keberadaan player.
Pada pengujian fungsi game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Pada pengujian kontrol game berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari hasil pengujian pengguna 8 dari 10 orang menyatakan gameplay game Wagiman 88 menarik dengan presentase 80% dan sisa 2 orang menyatakan kurang menarik dengan presentase 20%. Untuk desain karakter dan lingkungan atau arena game 6 dari 10 orang menyatakan menarik dengan presetase 60%, 4 menyatakan kurang menarik dengan presentase 40%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28