GAME PETUALANGAN PICO MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

  • Irine Ayuningtyas Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game Adventure, Unity, Finite State Machine

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, game merupakan media hiburan yang mnjadi piihan masyarakat untuk menghilangkan kejenuhan atau hanya sekedar mengisi waktu luang, selain menjadi media hiburan, game juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak seseorang. Game juga merupakan media teknologi dalam bentuk 2D maupun 3D yang dapat menarik proses pembelajaran multimedia. Oleh karena itu berbagai industri dan bisnis pengembangan game saat ini sudah menjadi suatu hal yang menjanjikan, terbukti dengan banyaknya perusahaan pengembang game di Amerika, Eropa dan Asia.
FSM (Finite State Machine) sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Game Petualangan Pico. Di rancang menggunakan Unity seri 5.4.3, dan menggunakan metode FSM yang diterapkan pada musuh. Adapun 3 keadaan dalam penerapan metode FSM pada musuh yaitu diam, mengejar dan menyerang player. Hal ini memberikan pengalaman seru, mengasah kemampuan skill dan kecepatan bermain kepada pemain ketika bermain game Petualangan Pico Sehingga, dengan membuat game Petualangan Pico ini dapat menarik lebih banyak peminat game adventure khusus nya game Petualangan Pico.
Hsil Pengujian sistem bedasarkan pengujian fungsional metode pada enemy dan dapat bekerja bagaimana kondisi yang harus di capai pemain agar dapat menyeleaikan setiap stage.
pergerakan unit pemain dan musuh berjalan dengan tingkat keberhasilan 100% sesuai dengan yang diharapkan dan disimpulkan bahwa 0% responden memberikan pendapat sangat kurang, 1% responden memberikan pendapat kurang setuju, 25% reponden menyatakan pendapat cukup, 30% responden menyatakan pendapat baik , dan 16% respoden menyatakan pendapat sangat baik pada game petualangan pico.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28