SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN CALON PENERIMA RASKIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS DESKTOP

  • Muhammad Septian Nuraziz Fauzi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Beras Miskin, AHP(Analytical Hierarchy Process),Program Nasional

Abstract

Program beras raskin merupakan program subsidi beras yang diberikan kepada masyarakat berpendapatan rendah. Program ini merupakan langkah pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlndungan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu. Dalam pelaksanaanya, Pemerintah telah mengambil berbagai kebijakan penyesuaian terhadap kondisi yang berkembang, misalnya Penyesuaian Rumah Tangga Sasaran (RTS), lama durasi penyaluran beras untuk sampai ke tangan masyarakat, alokasi jumlah beras untuk setiap RTS dan Harga Tebusan Raskin (HTR).
Dengan dibuatnya sebuah sistem yang Akan menilai, layak tidaknya sebuah rumah tangga mendapatkan Raskin. Dengan begitu penyaluran raskin akan tepat sasaran. Didalam sistem tersebut Akan berisi kriteria-kriteria tertentu yang akan digunakan sebagai acuan penilaian. Metode yang digunakan adalah metode AHP (Analytic Hierarchy process). Pada sistem ini, data Akan diolah dengan metode Analytic Hierarchy process. Dengan begitu akan diperoleh nilai tertinggi, berdasarkan dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh kelurahan setempat.
Pengujian hasil untuk menentukan keakuratan metode yang digunakan, baik melalui program maupun perhitungan manual menunjukkan bahwa tingkat kepresisian dengan persentasi error sebesar 0.132% yang artinya program dapat berjalan 99% sebagaimana mestinya. Selain itu hasil pengujian hak akses yaitu admin berjalan sesuai fungsinya di beberapa platform windows yang berbeda. Keseluruhan fungsi atau menu yang ada di dalam sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Pengujian dilakukan pada platform windows 8 dan windows 10.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28