SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LAYANAN KESEHATAN KOTA MALANG BERBASIS ANDROID

  • Ian Ahmad Pramana Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Layanan Kesehatan, GIS (Geographic Information Sistem), Google Map API, LBS (location Based Services), Android

Abstract

Sektor kesehatan merupakan salah satu sektor vital yang masih perlu untuk diperbaiki dan dikembangkan. Dalam hal ini Dinas Kesehatan mempunyai peran dalam merencanakan, mengelola, dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Untuk menjalankan perannya dengan baik Dinas Kesehatan membutuhkan sistem pengelolaan data untuk penyajian informasi yang berkaitan dengan kesehatan dan layanan kesehatan yang sudah ada. Untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat, maka pada penelitian ini penulis membuat aplikasi sistem informasi geografis layanan kesehatan kota Malang berbasis android.
Aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai fasilitas dan layanan kesehatan yang sudah ada, juga dapat menampilkan peta yang digunakan untuk mengetahui penyebaran lokasi layanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik) yang ada di kota Malang. Aplikasi ini menggunakan google map api yang diakses melalui internet untuk menampilkan peta dan jalan (direction) dari tempat pengguna berada (location Based Services) menuju lokasi layanan kesehatan yang diinginkan. Dalam pembuatan aplikasi penulis menggunakan Android Studio serta bahasa pemrograman java dengan operating system android.
Hasil pengujian fungsional pada aplikasi sistem informasi geografis layanan kesehatan kota Malang berbasis android berhasil 100%, pengujian dilakukan pada perangkat android dengan versi yang berbeda-beda. Hasil pengujian dari 10 pengguna diperoleh data tertinggi berturut-turut adalah 90% mengatakan baik untuk manfaat aplikasi, 50% mengatakan cukup untuk kelengkapan informasi, desain aplikasi dan warna aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28