SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN E-REQRUITMENT PENYIAR RADIO MENGGUNAKAN METODE WEIGTED PRODUCT (STUDI KASUS FAVORIT RADIO ATAMBUA)

  • Yenni Ayu Mirantika Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, E-reqruitment Penyiar Radio, Weighted Product

Abstract

Penyiar radio sebagai salah satu unsur penting dalam suatu radio sangat menentukan penyampaian informasi maupun hiburan kepada pendengar. Untuk mendapatkan kualitas penyiar radio yang baik maka dibutuhkan seleksi calon penyiar radio. Dalam proses pemilihan penyiar radio Favorit Atambua masih di lakukan dalam penghitungan manual, yaitu melakukan penilaian terhadap calon penyiar radio secara subjektif. Permasalahan muncul pada ketidak cocokan tim yang melakukan penilaian kepada calon penyiar radio. Sehingga data nilai yang dihasilkan atau diberikan tidak sesuai dan bersifat tidak pasti.
Dalam penelitian ini, akan dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk memudahkan Lembaga Penyiaran Swasta ( LPS ) Radio Favorit Atambua dalam proses e-reqruitment penyiar radio ini menggunakan metode Weighted Product. Sistem pemilihan ini mencari penyiar radio yang akan dipilih sebagai penyiar radio tetap dengan menggunakan metode Weigthed Product, yaitu dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Kriteria yang digunakan pada Sistem Pendukung Keputusan ini adalah vokal, Penguasaan Bahasa, wawasan Pengalaman Broadcasting, dan Attitude. Aplikasi pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, dan Database menggunakan MySQL.
Dari Proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara fungsional dari fungsi user, semua fungsi berjalan 100% .Pada tahap pengujian dari 3 browser aplikasi dapat berjalan dengan baik di browser chrome versi 51.0.2704.103, Mozilla versi 45.0.2 dapat berjalan 100 % sedangkan di internet explorer versi 11.0.9600.16384 program berjalan 66,67 %.Dan hasil dari pengujian Sistem Pendukung Keputusan E-reqruitment penyiar radio memiliki presentase keberhasilan 100 % dan berjalan dengan baik serta dapat menghasilkan perhitungan yang benar antara perhitungan manual dan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28