PENGEMBANGAN GAME ADVENTURE “SATRIA GARUDA” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM (Finite State Machine) & FUZZY LOGIC

  • Muchammad Rizal Rizqyawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game Adventure, Finite State Machine, Fuzzy Logic, Unity3D

Abstract

Game saat ini sudah menjadi media hiburan bagi semua kalangan. Industri dan bisnis pengembangan game juga sudah menjadi suatu yang menjanjikan. Platform game adalah salah satu genre yang sudah mendunia dan gameplay nya melibatkan perjalanan antar platform dengan cara meloncat (biasanya juga berayun dan memantul)
Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine unity3D, dengan menerapkan Finite State Machine. Finite State Machine digunakan pada karakter musuh yang digerakan oleh kecerdasan buatan untuk mendukung game tersebut. Finite State Machine dapat digunakan untuk menentukan gerakan dan aksi dari musuh tanpa melibatkan pengguna game. Salah satu gerakan dan aksinya adalah patrol dan attack.
Pada pengujian fungsi Game dapat berjalan pada platform Microsoft Windows dimulai dari Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Pada pengujian implementasi metode FSM dilakukan langsung pada Software Unity, sedangkan metode Fuzzy Logic yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dari implementasi pada game dengan Fuzzy Logic Toolbox pada Matlab, dapat berjalan 100%. Pada pengujian fungsional dari 22 aspek didapat semua berjalan dengan baik. Dan pada pengujian yang dilakukan terhadap 10 responden didapatkan hasil rata-rata dari 7 aspek yang ditanyakan menjawab 75% Baik, 23% Cukup, 8,3% Kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28