SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ADMINISTRASI PESERTA DIDIK BARU TK CENDEKIA AGUNG MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Mochammad Faizal Suwarto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Administrasi, Simple Additive Weighting, Alternative, Visual Basic, Sql Server

Abstract

Penerimaan peserta didik baru merupakan agenda rutin tahunan bagi sebuah Taman Kanak-Kanak (TK). Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat pada pendidikan pra sekolah, membuat semakin tinggi pula calon peserta didik baru yang mendaftarkan diri di sebuah TK. Namun keterbatasan fasilitas, sarana, dan prasarana terkadang TK tidak dapat menampung semua calon peserta didik yang mendaftar. Dengan adanya masalah tersebut mengharuskan lembaga pendidikan pra sekolah memiliki sistem pengelolaan yang berbasis teknologi informasi, termasuk juga Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru.
Metode yang digunakan untuk membuat Sistem Pendukung Keputusan ini adalah metode Simple Additive Weighting, yaitu dengan mencari nilai alternatif terkecil kemudian dibagi dengan alternative yang dipilih. Kemudian dikalikan dengan jumlah bobot dari masing-masing criteria. Setelah itu setiap alternatif dijumlahkan. Hasil akhir dengan nilai terbesar merupakan prioritas pertama yang yang dipilih.
Hasil pengujian fungsional Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru menggunakan metode Simple Additive Weighting ini memiliki keberhasilan 100% yang menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk pengujian perhitungan Sistem Pendukung Keputusan memiliki persentasi keberhasilan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28