MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT AKTIFITAS SEHARI-HARI BERBASIS ANDROID

  • Ariski Pratama Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Bahasa Isyarat, Abjad Jari

Abstract

Abjad jari merupakan salah satu bagian penting dalam Bahasa isyarat dalam Sistem Isyarat Bahasa Isyarat (SIBI). Abjad jari biasa dipakai kalangan tertentu yaitu pengguna disabilitas dan guru Bahasa isyarat. Salah satu langkah untuk mengenalkan abjad jari ke pada masyarakat luas adalah menggunakan aplikasi penerapan metode jaringan syaraf tiruan pada pengenalan Bahasa isyarat abjad jari.
Bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Bahasa ini biasanya digunakan oleh kaum tunarungu dan tunawicara, dengan mengkombinasikan bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan dan tubuh serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka.
Target yang dicapai adalah dapat membantu tenaga pendidik dalam mengajarkan aktifitas sehari-hari, abjad dan angka dengan mudah tanpa harus membawa kamus yang sangat tebal. Karna sekarang lebih mudah menggunakan handphone yang sangat mudah dan dapat membantu, tidak untuk tenaga pendidik tapi juga untuk masyarakat umum yang ingin mempelajarinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28