SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA BAYI PASCAKELAHIRAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Rachmat Bayu Permadi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit, Bayi, Endogen, Eksogen, Forward Chaining

Abstract

Penyakit pada bayi merupakan penyakit yang terjadi antara saat bayi baru lahir sampai 1 tahun. Dari sisi penyebabnya, penyakit bayi dibedakan menjadi faktor endogen dan eksogen. Penyakit bayi endogen adalah kejadian yang terjadi pada bulan pertama setelah bayi dilahirkan, umumnya disebabkan oleh faktor bawaan. Sedangkan penyakit bayi eksogen adalah penyakit pada bayi yang terjadi antara usia 30 hari hingga kurang lebih 365 hari, umumnya disebabkan oleh faktor yang berkaitan dengan pengaruh lingkungan. Sebagian besar masyarakat tidak mengetahui apa saja penyakit yang timbul dari gejala – gejala yang timbul pada penyakit bayi. Sistem pakar ini juga menggunakan inference engine forward chaining sebagai aturan atau rule untuk mendapatkan kesimpulan. Dengan adanya data – data tersebut para dokter spesialis anak atau bidan dapat mengidentifikasi penyakit yang diderita pada bayi.
Salah satu metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah metode certainty factor yang merupakan metode yang mendefiniskan ukuran kepastian terhadap sesuatu fakta aturan untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang dihaadapi, dengan menggunakan certainty factor ini dapat menggambarkan tingkat keyakinan pakar. Dengan adanya sistem pakar diharapkan dapat membantu orang tua atau masyarakat yang ingin mendeteksi penyakit yang di derita oleh bayinya.
Hasil pengujian keakuratan metode baik melalui sistem program maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama dan nilai presentase kecocokan 100%. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses admin dan user berjalan sesuai fungsinya pada browser.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28