SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH KOST PUTRA UNTUK MAHASISWA DI KOTA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAW

  • Angga Pramudhita Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pemilihan Rumah kost, Sistem pendukung keputusan, Simple Additive Weighting¸ Analisis

Abstract

Keberadaan kost di sekitar fasilitas publik sangat diharapkan dan menguntungkan bagi mahasiswa di suatu daerah baru. Mahasiswa yang menuntut ilmu di suatu perguruan tinggi tidak hanya berasal dari dalam kota, namun juga ada yang berasal dari luar daerah. Mahasiswa dari luar daerah yang akan menuntut ilmu di perguruan tinggi tentu akan mencari tempat tinggal sementara yang berada di sekitar kampus mereka. Dalam pemilihan rumah kost ini, banyak ditemui kendala dalam proses pemilihannya, antara lain dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu harga, lokasi, fasilitas, sistem kontrak, dan jarak. Skripsi ini bertujuan untuk menentukan kriteria-kriteria yang akan digunakan dalam pemilihan rumah kost.
Penggunaan metode Simple Additive Weighting(SAW) berbasis desktop pada sebuah sistem pendukung keputusan merupakan salah satu jalan pemecahan masalah yang dapat menangani hal tersebut, dimana konsumen akan merasa terbantu dengan adanya sistem ini dengan memberikan rekomendasi atau saran tempat kost yang sesuai dengan kriteria konsumen dengan cara menginputkan kriteria pada sistem oleh pengguna. Sehingga pada akhir prosesnya, pengguna akan mendapatkan daftar rekomendasi tempat kost yang direkomendasikan berdasarkan kriteria masukannya.
Hasil menunjukkan bahwa sistem pencarian kost ini dapat membantu calon penyewa kost untuk mendapatkan alternatif terbaik tempat kost yang dapat direkomendasikan berdasarkan kriteria yang dipilih pengguna dalam memilih tempat kost dengan metode Simple Additive Weighting (SAW), dengan hasil pengujian fungsional sistem sebesar 100% untuk proses data dan fungsi utama sistem. Dan dapat berjalan 100% pada tampilan dan fitur-fitur yang ada pada sistem operasi Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10, serta menghasilkan nilai rata-rata error sebesar 0% pada perbandingan pengujian perhitungan manual dengan perhitungan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28