MONITORING ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA BERBASIS WEB

  • Sofinatul Riza Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Energi Listrik, Sensor Arus ACS712, Monitoring, Efisien, Internet of Things, dan Website

Abstract

Energi Listrik merupakan sebuah kebutuhan primer bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini dapat di buktikan dengan jumlah konsumsi energi listrik di Indonesia yang sangat besar dan terus meningkat dari tahun ke tahun, dari peningkatan tersebut, banyak masyarakat yang tidak peduli dengan seberapa besar energi listrik yang telah digunakan, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini biasanya terjadi pada sebagian besar rumah masyarakat dimana penggunaan barang – barang elektronik yang cukup banyak, mulai dari tv, kipas, lampu, penanak nasi listrik, setrika dan masih banyak lagi, sayangnya banyak masyarakat yang menggunakan peralatan elektronik rumah tangga tanpa terawasi, dalam artian apabila tidak diperlukan dibiarkan begitu saja tanpa menonaktifkan atau mencabut sambungan listrik dari stop kontak. Dari hal tersebut diharapkan agar masyarakat mampu mensiasati penggunaan energi listrik pada kebutuhan sehari-hari sehingga dapat menekan jumlah pengeluaran setiap harinya.
Monitoring energi listrik rumah tangga berbasis web merupakan sebuah solusi yang penulis rancang dalam bentuk alat yang mampu memantau penggunaan energi listrik yang lebih efisien pada peralatan dan kebutuhan rumah tangga. Dengan menggunakan sensor arus ACS712 yang dipasangkan pada kabel penghantar untuk mengetahui seberapa besar arus yang dibutuhkan dalam mengoperasikan suatu peralatan elektronik. Penerapan teknologi Internet of Things dan sistem monitoring menggunakan website akan membuat sistem ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga pemilik rumah dapat memantau penggunaan dari informasi yang diberikan oleh website. Informasi berupa peralatan apa saja yang memerlukan energi listrik cukup besar kemudian seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan jika pemakaian peralatan sehari – hari.
Dari hasil pengujian fungsional sistem dapat berjalan pada mikrokontroller Arduino dan fungsi pada website monitoring dapat berjalan dengan normal. Pengujian sensor arus ACS712 dengan percobaan menggunakan 3 perangkat elektronik yaitu, pengering rambut, penanak nasi, dan setrika, pada terminal 1 memiliki rata – rata error sebesar 0,58%, pada terminal 2 rata – rata error sebesar 2,06%, dan pada terminal 3 rata – rata error sebesar 1,48%, sehingga dari ketiga sensor rata – rata jumlah error keseluruhan pembacaan sensor arus ACS712 sebesar 1,37%. Pengujian modul wifi dalam pengiriman data berjalan secara realtime dengan akurasi kurang dari 1 detik, dan pengujian website monitoring pada 3 browser yaitu, Mozilla Firefox Version 50.1.0, Opera Version 41.0.2353.69, Google Chrome Version 55.0.2883.87 sudah mampu menampilkan informasi pada setiap halaman dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28