SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PEMILIHAN KETUA OSIS DENGAN METODE AHP (Analitycal Hierarkhi Process) BERBASIS WEB

  • Dwi Fitriadi Sukmawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Ketua Osis, sekolah

Abstract

Pemilihan ketua osis merupakan salah satu bagian dari agenda yang dilakukan tiap tahunya oleh pengurus osis di setiap sekolah. Dimana ketua osis lama yang menjabat di ganti dengan ketua osis yang baru. Dalam hal ini setiap pergantian ketua osis diharapkan ketua osis yang baru bisa mengembangkan osis menjadi lebih baik lagi, dalam proses pemilihan ketua osis ini calon ketua osis harus memenuhi beberapa kriteria yang telah di tentukan oleh pihak sekolah dimana kriteria tersebut yaitu nilai rapot, tes psikologi, tes visi misi dan tes wawancara.
Proses pemilihan ketua osis ini berbasis website dengan menggunakan metode Analitycal Hierarkhi Process (AHP), dimana didalam metode ahp ini terdapat beberapa proses perhitungan yang di gunakan sebagai acuan data dalam pemilihan ketua osis. Proses tersebut yaitu menentukan nilai bobot matrik perbandingan berpasangan antara kriteria, matrik nilai kriteria, matrik penjumlahan tiap baris, rasio konsistensi dan menentukan eigen vector sebagai nilai akhir. Dalam setiap kriteria sudah terdapat bobot yang telah di tentukan oleh pihak sekolah hasil akhir dari proses ini berupa data nilai yang sudah diurutkan dari data nilai yang tertinggi hingga yang terrendah.
Dengan adanya proses pemilihan menggunakan website tersebut diharapkan siswa dapat melakukan pemilihan dengan mudah dan memberikan hasil yang maksimal dari pemilihan tersebut. Dari perhitungan proses ahp terdapat beberapa hasil pengujian yaitu prosentase error seperti perhitungan analisis dan sistem rata-ratanya sebesar 0,92% dapat diatakan perhitungan cukup akurat. Dan Didapatkan hasil pengujian sistem yang telah dilakukan pada beberapa browser, sistem ini dapat dijalankan 100% pada Mozilla firefox, google chrome dan internet explore.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28