PENGEMBANGAN APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICES (LBS) DI DINAS PEKERJAAN UMUM UNTUK SMART CITY MALANG

  • Zona Budi Prastyo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Kota cerdas, Pengaduan Masyarakat, LBS(location Based Services), Android

Abstract

Kota Malang yang di dalamnya terdapat organisasi pemerintah yang mengatur tentang tata kerja daerahnya untuk membangun daerahnya. Salah satu aspek tepenting dalam membangun kota cerdas yang berkualitas adalah masyarakat yang ada di dalamnya berperan aktif ikut serta membangun daerahnya menggunakan teknologi. Konsep kota cerdas itu sendiri merupakan tatanan kota yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan performa kesejahtaeraan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya dan berinteraksi secata efektif dengan para penduduknya. Salah satu cara yang mudah adalah melakukan pengaduan untuk memperbaiki fasilitas umum, kebersihan dan penyelamatan lingkungan.
Aplikasi dibangun pada penelitian ini merupakan perangkat lunak model client server. Pada sisi client aplikasi berbasis Android dibangun menggunakan Android studio dengan minumum version Jelly Bean 4.1 yang merupakan aplikasi pengaduan yang nantinya digunakan masyarakat yang hanya terdaftar sebagai warga kota malang yang kemudian digunakan untuk melakukan pengaduan berupa jalan rusak, sumber daya air, drainasi dan banjir, jembatan, bangunan liar. Sedangkan pada sisi server aplikasi dibangun berbasis website. Aplikasi nantinya akan dikelola oleh Dinas pekerjaan umum, perumahan pengawasan bangunan kota malang untuk melakukan tindak lanjut pengaduan.
Hasil dari penelitian ini berupa perangkat lunak yang dapat membantu Dinas Pekerjaan umum kota malang. Pada pengujian Aplikasi Android dapat berjalan pada smartphone Android version 4.1, 4.4, 5.0, 5.1, 6.0, sedangkan pada pengujian website dapat berjalan dengan baik di browser firefox, chrome, dan uc browser mobile. Pada pengujian yang dilakukan dari 13 responden yang mengisi kuiosner didapatkan hasil rata-rata dari 11 aspek yang ditanyakan menjawab sangat setuju 43.28%, 37.56% setuju, 17.33% normal, 0.96% tidak setuju, 0.96% sangat tidak setuju.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28