SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELULUSAN KEAHLIAN DI BLKI SINGOSARI MALANG MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR ORDER BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION)

  • Kartini abang Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Penentuan Kelulusan , Metode TOPSIS

Abstract

BLKI (Balai Latihan Kerja Industri) merupakan tempat pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja yang senantiasa memberikan pelayanan berupa jenis-jenis pelatihan dari berbagai jurusan. Saat ini, proses penentuan kelulusan masih dilakukan secara manual dengan berbagai kendala dalam hal perhitungan bobot dan rekap hasil penelitian dari berbagai siswa dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Kriteria yang digunakan yaitu, disiplin, absensi, kerjasama, inisiatif, kewirausahaan, budaya kerja, motivasi, pengetahuan, keterampilan dan sikap.
TOPSIS adalah salah satu metode yang bisa membantu proses pengambilan keputusan yang optimal untuk menyelesaikan masalah keputusan secara praktis. Hal ini disebabkan karena konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputerisasi efisien dan memiiki kemampuan untuk mengukur kinerja relative dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis sederhana dengan waktu pengerjaan serta mempercepat proses kelulusan dari setiap siswa yang mengikuti pelatihan. Aplikasi pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB dan database menggunakan Sql Server.
Dari pengujian fungsional aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan kelulusan keahlian dapat berjalan sesuai fungsinya pada sistem operasi windows XP, windows 7 dan windows 8 berjalan 100% sesuai dengan fungsinya. Pada pengujian 5 user telah diperoleh penililaian dengan presentase 92% memilih baik, 8% memilih cukup dan 0% memilih kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28