GAME DARK FOREST CODEDENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM

  • Syarif Hidayatulloh Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game, Finite State Machine, Unity3D

Abstract

Pentingnya game saat ini menjadi sarana yang digunakan untuk memberikan hiburan serta pembelajaran kepada masyarakat umum secara cepat. Melalui game, hiburan yang akan disampaikan akan lebih efektif dan lebih cepat.
Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine unity3D, dengan menerapkan Finite State Machine yaitu sebuah metode dengan menggunakan sebua kondisi pada suatu objeck tertentu. Finite State Machine digunakan pada karakter musuh yang digerakan oleh kecerdasan buatan untuk mendukung game tersebut. Finite State Machine dapat digunakan untuk menentukan gerakan dan aksi dari musuh tanpa melibatkan pengguna game. Salah satu gerakan dan aksinya adalah patrol dan attack.
Target yang dicapai adalah dapat dimainkan oleh anak-anak usia dini bahkan hingga orang dewasa. Manfaat yang diperoleh dari pembuatan game ini yaitu dapat memberikan hiburan dan pendidikan pada game strategi. Pengujian metode dan control player mendapatkan hasil yang sesuai dan berjalan 100% seperti yang harapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28