APLIKASI PENCARI TEMPAT PENCUCIAN MOBIL DAN MOTOR DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE (LBS) BERBASIS ANDROID

  • Salman Alfarisi Hasbullah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Tempat pencucian, Location Based Service, android, mobil, motor, basisdata

Abstract

Untuk mendapatkan informasi tentang tempat pencucian di Kota Malang lebih rinci dan terfokus kepada pencucian mobil dan motor, khususnya melalui android masih sulit di peroleh. Masyarakat Kota Malang yang memiliki kendaraan bermotor pada umumnya masih sering bertanya kepada teman atau orang lain untuk mendapatkan informasi dan lokasi tempat pencucian mobil dan motor yang ada di Kota Malang, tak jarang mereka hanya mengetahui tempat-tempat pencucian kendaraan yang berada dekat dengan tempat tinggalnya.
Oleh sebab itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu menghadirkan informasi mengenai tempat pencucian mobil dan motor yang ada di Kota Malang. Aplikasi ini diharapkan tidak hanya membantu masyarakat di Kota Malang saja, tapi juga bisa membantu pengendara kendaraan bermotor dari luar Kota Malang yang sedang berlibur dan berakhir pekan di Kota Malang bila sewaktu-waktu kendaraan yang mereka tumpangi kotor dan ingin mencuci kendaraan mereka tapi kesulitan untuk mencari tempat-tempat pencucian mobil dan motor yang ada di Kota Malang. Berdasarkan permasalahan yang sudah di paparkan sebelumnya, maka penulis akan memberikan solusi dengan memanfaatkan teknologi smartphone dan Location Based Service dalam bentuk skripsi yang berjudul “Aplikasi Pencari Tempat Pencucian Mobil Dan Motor Di Kota Malang Menggunakan Metode Location Based Service (LBS) Berbasis Android”.
Dari pengujian fungsional yang dilakukan pada empat sistem operasi yang berbeda yaitu jelly bean, kitkat, lollipop, dan marshmallow, didapat kesimpulan fungsi Location Based Service berjalan dengan baik dengan presentasi 100%, sedangkan untuk pengujian user yang dilakukan kepada 10 orang responden didapatkan hasil 25% mengatakan sangat baik, 41.7% mengatakan baik, 28.3% mengatakan cukup dan 5% mengatakan kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01